BIMBINGAN TEKNIS SISTEM INFORMASI DESA DI GRAND MASTER HOTEL

  • Feb 22, 2023
  • Kustari

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Grobogan, bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Grobogan, menggelar Bimbingan Teknis tentang Pengelolaan Sistem Informasi Desa (SID).

 

Bimtek diselenggarakan di Grand Master Hotel Purwodadi, Rabu, (22/02/2023) diikuti desa-desa di 10 Kecamatan di Kabupaten Grobogan. Kepala Dispermasdes Ahmad Haryono.  melalui sambutan mengungkapkan SID merupakan amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

 

“Pengembangan SID sangat diperlukan untuk memastikan keterbukaan informasi di desa, melalui saluran komunikasi yang baik antara masyarakat, pemerintah desa, dan pemerintahan di atasnya”, kata Pak Haryono.

 

Diharapkan, melalui penerapan SID, pemerintah desa dapat memberikan informasi terkait potensi daerah,pengembangan Pembangunan di desa,potensi UMKM di desa guna mendukung perencanaan pembangunan desa. Sehingga desa dapat pembangun daerahnya sendiri, dan meningkatkan daya saing masyarakat.

Setelah Pembukaan oleh Kepala Dispermasdes Bimtek kemudian di lanjutkan dengan penguatan materi Bimtek dari Diskominfokom Kabupaten Grobogan, Giri Adi Nuryanto, dalam materi tersebut diterangkan kepada peserta pentingnya Membangun Ekosistem Digital Desa melalui diomain desa.id, dan aplikasi SIDEKA NG.